Jumat, 18 Februari 2011

BENDUNGAN TIGA NGARAI

Bendungan tiga ngarai merupakan bendungan hidroelektrik terbesar didunia jika seslesai pada tahun 2009. Bendungan ini berada di Sungai Yangtze (sungai ketiga terpanjang di dunia), Sandouping, Yichang, provinsi Hubei, China. Pengisian air telah dimulai pada 1 juni 2003.

Konstruksi bendungan tiga ngarai ini memang serba raksasa. Bayangkan panjangnya 2.309 meter, tinggi 185 meter. Bendungan ini juga menghabiskan 27.200.000 meter kubik beton, 463.000 metrik ton baja (bisa untuk membangun 63 menara eiffel) dan tanah yang digunakan untuk menguruknya 10.260.000 meter kubik 



Kapasitas total bendungan tiga ngarai 22.500 MW. Daya sebesar itu dihasilkan dari 32 generator utama masing - masing dengan kapasitas 700 MW. Sisanya 14 generator dengan kapasitas 50 MW. Satu generator 700 MV beratnya 6000 ton dan mampu mengalirkan listrik untuk 350.000 rumah tangga! Animasi bendungan tiga ngarai 






Karena sungai yangze merupakan urat nadi perekonomian. Kapal - kapal yang melewati sungai ini tentu jalurnya akan terputus karena adanya bendungan tiga ngarai ini. Untuk itu dibangunlah shiplock untuk menghubungan kapal yang berlayar sebelum dan sesudah bendungan tiga ngarai ini.





Shiplock mirip dengan dock kapal .Dirancang dengan ukuran panjang 280 m, lebar 35 meter dan dalam 5 meter. Shiplock ini mampu mengangkat kapal 14.000 ton sampai ketinggian maksimal 113 meter.



Cara kerja shiplock sederhana. pertama kapal yang akan diangkat atau diturunkan masuk ke shiplock (ruangan berbentuk segi empat). Pintu shiplock ditutup, air dipompakan ke shiplock dan kapalpun terangkat sampai ketinggian yang dinginkan. Saat kapal telah sampai pada ketinggian yang diinginkan pompa berhenti bekerja, pintu shiplock dibuka dan kapal siap berlayar.


Karena Shiplock untuk mengangkat dan menurunkan kapal di bendungan tiga ngarai sangat tinngi (100 meter). Anda dapat bayangkan berapa tekanan air yang akan mendorong kontruksi alat ini. Untuk itu shiplock dibagi menjadi 5 tingkat (masing-masing 20 meter). Cara kerjanya kapal akan dipindahkan dari satu shiplock ke shiplock beikutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar